3 Waktu Mustajab untuk Berdoa Selama Bulan Ramadhan, Jangan Terlewat!

- 14 Maret 2024, 12:50 WIB
3 Waktu Mustajab untuk Berdoa Selama Bulan Ramadhan, Jangan Terlewat!
3 Waktu Mustajab untuk Berdoa Selama Bulan Ramadhan, Jangan Terlewat! /Pixabay.com/StayWeird

SUMENEP NEWS - Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak do’a. Ayat tentang puasa dalam surat Al Baqarah yang langsung dilanjutkan dengan ayat tentang do’a mengisyaratkan hal ini. Secara khusus, ada tiga waktu di setiap hari selama bulan Ramadhan yang merupakan waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Berdo’a di waktu-waktu ini, insya Allah lebih mudah dikabulkan Allah swt.

Oleh sebab itu mari raih keutamaan tersebut dengan terus memperbanyak do’a kepada-Nya. Sesuai dengan sepotong ayat yang tertera dalam QS. Al Baqarah ayat 186 bersamaan dengan ayat kewajiban puasa Ramadhan Allah swt. Berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

 Baca Juga: Doa Berbuka Puasa yang Shahih: Arab, Latin, dan Artinya, Allahumma Laka Shumtu

 Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Ibnu Katsir ra., menerangkan tentang terijabahnya sebuah do’a disebutkan di sela-sela penyebutan hukum puasa. Ini indikasi kuat mengenai anjuran memperbanyak do’a ketika bulan Ramadhan, bahkan dalam bulan penuh berkah ini sangat diperintahkan dan dianjurkan memperbanyak do’a tersebut di setiap kali berbuka puasa. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 66). Pernyataan yang dikatakan oleh Ibnu Katsir menunjukkan bahwa bulan Ramadhan adalah salah satu waktu terkabulnya do’a. Namun do’a itu mudah dikabulkan jika seseorang punya keimanan yang benar.

Sementara Ibnu Taimiyah ra. Berkata, “Terkabulnya do’a itu dikarenakan benarnya i’tiqod, kesempurnaan ketaatan karena di akhir ayat disebutkan, ‘dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran’.” (Majmu’ah Al Fatawa, 14: 33-34).

Baca Juga: Teks Doa Hari ke 3 Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Perihal Ramadhan adalah bulan do’a dikuatkan lagi dengan hadits dari Jabir bin ‘Abdillah ra, bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

Halaman:

Editor: Sauqi Romdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x