Perbanyak Amalan ini di Bulan Muharram, Raih Pahala dan Keutamaannya, Lengkap dengan Dalil

- 18 Juli 2022, 17:00 WIB
Perbanyak Amalan ini di Bulan Muharram, Raih Pahala dan Keutamaannya, Lengkap dengan Dalil
Perbanyak Amalan ini di Bulan Muharram, Raih Pahala dan Keutamaannya, Lengkap dengan Dalil /Pixabay.com/maxos_dim
 
 
SUMENEP NEWS - Tahun baru Islam tidak lama lagi akan kita temui yaitu bulan Muharram. Banyak amalan yang dapat kita lakukan untuk meraih pahala bulan Muharram.
 
Amalan yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad beserta para Sahabat saat bulan Muharram dapat kita temui di kitab-kitab para ulama, sehingga kita pahala kita akan bertambah jika disertai keimanan.
 
Bulan Muharram semakin mendekatkan diri kita kepada Allah dengan amalan yang dicintaiNya. Beberapa amalan bulan Muharram yang dapat kita kerjakan.
 
Dilansir dari situs konsultasi syariah dot com, berikut ini beberapa amalan bulan Muharram yang ada dalam Hadist Nabi dan dalil.
 

- Memperbanyak puasa selama bulan Muharram

Baca Juga: Kewalian Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Inilah yang Menjadikannya Wali Allah

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
أفضل الصيام بعد رمضان ، شهر الله المحرم
 
“Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)
 
Dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:
 
ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضَّلة على غيره إلا هذا اليوم يوم عاشوراء ، وهذا الشهر – يعني شهر رمضان
 
“Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih satu hari untuk puasa yang lebih beliau unggulkan dari pada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura’, dan puasa bulan Ramadhan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
 
- Puasa Asyura’ (puasa tanggal 10 Muharram)
 
Dari Abu Musa Al Asy’ari radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan:
 
كان يوم عاشوراء تعده اليهود عيداً ، قال النبي صلى الله عليه وسلم : « فصوموه أنتم ».
 
Dulu hari Asyura’ dijadikan orang yahudi sebagai hari raya. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Puasalah kalian.” (HR. Al Bukhari)
 
 
 
Dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan:
 
سئل عن صوم يوم عاشوراء فقال كفارة سنة
 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa Asyura’, kemudian beliau menjawab: “Puasa Asyura’ menjadi penebus dosa setahun yang telah lewat.” (HR. Muslim dan Ahmad).
 
Dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:
 
قَدِمَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – الْمَدِينَةَ وَالْيَهُودُ تَصُومُ عَاشُورَاءَ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ ظَهَرَ فِيهِ مُوسَى عَلَى فِرْعَوْنَ . فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – لأَصْحَابِهِ «أَنْتُمْ أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْهُمْ ، فَصُومُوا».
 
Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai di Madinah, sementara orang-orang yahudi berpuasa Asyura’. Mereka mengatakan: Ini adalah hari di mana Musa menang melawan Fir’aun. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada para sahabat: “Kalian lebih berhak terhadap Musa dari pada mereka (orang yahudi), karena itu berpuasalah.” (HR. Al Bukhari)
 
 
Puasa Asyura’ merupakan kewajiban puasa pertama dalam islam, sebelum Ramadlan. 
 
Rubayyi’ binti Mu’awwidz radliallahu ‘anha, beliau mengatakan:
 
أرسل النبي صلى الله عليه وسلم غداة عاشوراء إلى قرى الأنصار : ((من أصبح مفطراً فليتم بقية يومه ، ومن أصبح صائماً فليصم)) قالت: فكنا نصومه بعد ونصوّم صبياننا ونجعل لهم اللعبة من العهن، فإذا بكى أحدهم على الطعام أعطيناه ذاك حتى يكون عند الإفطار
 
Suatu ketika, di pagi hari Asyura’, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang mendatangi salah satu kampung penduduk Madinah untuk menyampaikan pesan: “Siapa yang di pagi hari sudah makan maka hendaknya dia puasa sampai maghrib. Dan siapa yang sudah puasa, hendaknya dia lanjutkan puasanya.” Rubayyi’ mengatakan: Kemudian setelah itu kami puasa, dan kami mengajak anak-anak untuk berpuasa. Kami buatkan mereka mainan dari kain. Jika ada yang menangis meminta makanan, kami memberikan mainan itu. Begitu seterusnya sampai datang waktu berbuka. (HR. Al Bukhari dan Muslim)
 
 
Setelah Allah wajibkan puasa Ramadlan, puasa Asyura’ menjadi puasa sunnah. A’isyah radliallahu ‘anha mengatakan:
 
كان يوم عاشوراء تصومه قريش في الجاهلية ،فلما قد المدينة صامه وأمر بصيامه ، فلما فرض رمضان ترك يوم عاشوراء ، فمن شاء صامه ، ومن شاء تركه
 
Dulu hari Asyura’ dijadikan sebagai hari berpuasa orang Quraisy di masa jahiliyah. Setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau melaksanakn puasa Asyura’ dan memerintahkan sahabat untuk berpuasa. Setelah Allah wajibkan puasa Ramadlan, beliau tinggalkan hari Asyura’. Siapa yang ingin puasa Asyura’ boleh puasa, siapa yang tidak ingin puasa Asyura’ boleh tidak puasa. (HR. Al Bukhari dan Muslim).***

Editor: Khoirul Umam

Sumber: Konsultasi Islam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah