5 Langkah Cara Melihat EFIN Pajak, Begini Langkah-Langkahnya

- 28 Maret 2024, 03:46 WIB
5 Langkah Cara Melihat EFIN Pajak, Begini Langkah-Langkahnya
5 Langkah Cara Melihat EFIN Pajak, Begini Langkah-Langkahnya /Freepik/katemangostar/

SUMENEPNEWS - Berikut ini cara mengetahui nomor EFIN dimana? Inilah penjelasan dan langkah-langkahnya, simak cara berikut ini untuk melihat EFIN.

Nomor Identifikasi Pengisian Elektronik (Electronic Filing Identification Number atau EFIN) adalah kode krusial bagi pemilik Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perorangan.

EFIN dirancang untuk tetap rahasia dan berfungsi sebagai alat pengaman saat melakukan kewajiban perpajakan. 

Namun, di mana sebenarnya Anda dapat menemukan nomor EFIN Anda? Ada beberapa metode untuk mendapatkannya, mulai dari kunjungan langsung ke kantor pajak hingga akses online. 

Namun, sebelum Anda mempelajari cara mengakses EFIN, mari kita perhatikan proses pembuatan EFIN pajak pribadi terlebih dahulu.

Cara Mendapatkan EFIN Bagaimana?

EFIN adalah rangkaian sepuluh digit yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Berikut adalah langkah-langkah untuk memperoleh EFIN.

  1. Buka situs efin.pajak.go.id untuk mendaftar
  2. Persiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebelum memulai proses aktivasi EFIN, lalu klik "Lanjutkan"
  3. Beri akses penggunaan kamera di perangkat Anda, lalu klik "Lanjutkan"
  4. Aktivasi EFIN dapat dilakukan jika data kependudukan sudah sesuai dan verifikasi data pendaftaran telah selesai dilakukan oleh petugas KPP
  5. Klik "Mulai Sekarang"
  6. Isi Nomor NPWP, lalu klik "Lanjutkan"
  7. Jika data yang dimasukkan valid, akan muncul halaman yang berisi nama wajib pajak. Jika nama tersebut sudah benar, lalu klik "Lanjutkan"
  8. Setelah itu, potret wajah Anda dan sistem secara otomatis akan melakukan pencocokan data. Pastikan cahaya di dekat perangkat cukup agar kualitas tampilan foto semakin bagus.
  9. Saat data sudah sesuai, akan muncul notifikasi EFIN yang aktif. Pemberitahuan EFIN akan dikirim ke alamat email yang terdaftar di akun pajak.go.id.

Baca Juga: 10 Pertanyaan Seputar Ramadhan untuk Anak SD 2024 : Referensi Guru untuk Pondok Ramadhan di Sekolah

Nomor EFIN dapat dilihat di mana?

Apabila EFIN yang telah didapatkan hilang atau lupa disimpan, wajib pajak masih bisa melihatnya dengan menghubungi layanan yang disediakan DJP.

Biasanya, wajib pajak lupa nomor EFIN saat hendak melapor SPT tahunan. Sebab untuk mengatur kata ulang sandi yang lupa dibutuhkan EFIN.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini layanan yang dapat diakses dan cara yang dapat dilakukan untuk melihat nomor EFIN.

Halaman:

Editor: Nur Aziz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x