Soal dan Jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 SMK Multimedia, Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022 2023

- 8 Desember 2022, 21:00 WIB
contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 SMK Jurusan multimedia/ilustrasi
contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 SMK Jurusan multimedia/ilustrasi /smolaw11/Getty Images/iStockphoto

SUMENEP NEWS - Berikut ini contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 SMK Jurusan multimedia.

Minggu ini PAS jenjang SD sampai SMK sedang berlangsung, dan inilah contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 yang perlu diketahui.

Tujuan contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 ini untuk dijadikan referensi belajar bukan dijadikan contekan.

Dibawah ini merupakan contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 SMK Multimedia.

Baca Juga: 4 Adab Memakai Sandal dan Bagaimana Hukum ‘Ghasab’ dalam Islam?

 

1. Animasi pemudaran dalam aplikasi Flase disebut..

a. Animasi Masking

b. Animasi Rotasi

c. Animasi Shape

d. Animasi Fade

Jawaban : D

 

2. Untuk memainkan (play) animasi yang telah dibuat dalam aplikasi Flash , cukup dgn menekan tombol….

a. F6

b. esc

c. enter

d. Alt+t

Jawaban : C

Baca Juga: Hidangan Kolak Pisang Khas Sunda, Rasanya Legit Ternyata Ini Rahasianya

3. Animasi yang dibuat dengan menggunakan komputer dengan cara menggambar dan membuat animasi vektor secara langsung pada komputer disebut...

a. animasi tradisional

b. animasi motion graphic

c. animasi 2D

d. animasi berbasis vektor

Jawaban : D

 

4. Prinsip animasi yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda, disebut....

a. Anticipation

b. Slow In and Slow Out

c. Squash And Stretch

d. Staging

Jawaban : C

 

5. Untuk menggambar dalam bentuk bitmap dapat dilakukan dengan teknik :Pertama dengan menggunakan pensil, tinta gambar, penghapus, kertas, penggaris, computer scanner. Lalu dilanjutkan dengan tahapan ....

a. merubah gambar menjadi le bitmap dengan cara menscan gambar dengan scanner

b. menyimpannya kedalam komputer

c. menggambar dengan komputer dengan cara mencontoh gambar yang telah jadi tersebut

d. memfoto gambar tersebut

Jawaban : A

Baca Juga: Tutup Buku Program STPI dalam Penanggulangan TBC di Kabupaten Sumenep

6. Proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru, disebut....

a. framing

b. shaping

c. tweening

d. shading

Jawaban : C

 

7. Visualisasi dari seluruh scene dan adegan yang ada pada naskah berikut dengan layout background, pose karakter dan animatic disebut…

a. inbetweening

b. animatic

c. storyboard

d. script

Jawaban : C

Baca Juga: MAKNA dan Arti Kata ‘Pakasaban’ dalam Bahasa Sunda Lengkap Contohnya

8. Tujuan pembuatan laporan pengerjaan produk animasi 2D adalah….

a. agar hasil pengerjaan maksimal

b. agar proses pengerjaan dapat dievaluasi

c. agar seperti orang dapat belajar membuat animasi

d. agar karya yang dihasilkan disebarkan

Jawaban : B

 

9. Prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama....

a. timing

b. arcs

c. exaggeration

d. secondary Action

Jawaban : D

 

10. Melakukan konversi gambar manual menjadi gambar digital adalah pengertian dari ….

a. scanning

b. tracing

c. dasar desain karakter

d. riset

Jawaban : B

Baca Juga: Soal dan Jawaban PAS Desain Grafis Percetakan Kelas 11 SMK Multimedia, Lengkap Pilihan Gandanya

11. Apakah fungsi nomor scene pada storyboard

a. hanya untuk nomor urutan saja

b. untuk mengetahui urutan adengan atau kondisis dalam sebuah cerita

c. nomor untuk membuat urutan penyimpanan soryboard

d. nomor berkas

Jawaban : B

 

12. Pendahulu dari proyektor modern yang terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana adalah....

a. Lentera Ajaib

b. Zoetrope

c. Phenakistoscope

d. Thaumatrope

Jawaban : A

 

13. Animasi tradisional yang pertama dipatenkan pada 1868 oleh John Barnes Linnet adalah....

a. Thaumatrope

b. Buku Flip

c. Phenakistoscope

d. Zoetrope

Jawaban : B

 

14. Teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap disebut....

a. Hand drawn Animation

b. Animasi Clay (Clay Animation)

c. Animasi Theme

d. Animasi Cutout (Cutout Animation)

Jawaban : A

Baca Juga: Diseminasi Program TBC STPI, Wabup Sumenep Dewi Khalifah Berharap Ini

15. Proses pembuatan gambar -gambar diantara dua gambar kunci untuk memperlihatkan gerakan animasi yang halus dari gambar kunci awal kegambar kunci akhir adalah proses….

a. Tweening

b. twinning

c. drawing

d. onion skin

Jawaban : B

 

16. Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutup dalam aplikasi Flash disebut...

a. Animasi Masking

b. Animasi Shape

c. Animasi Fade

d. Animasi Rotasi

Jawaban : A

 

17. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan adalah...

a. stop motion

b. puppeters

c. animasi

d. gambar 3 D

Jawaban : A

 

18. Satuan terkecil dalam video, disebut....

a. sekenario

b. frame

c. dialog

d. scene

Jawaban : B

 

19. Melakukan teknik tweening untuk …

a. memperhalus objek animasi

b. memperbanyak gerakan animasi dari pose awal kepose akhir

c. memperhalus gerakan animasi dari pose awal ke pose akhir

d. mengevaluasi kesalahan dari pose awal kepose akhir

Jawaban : C

 

20. Berikut ini adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat animasi adalah....

a. photo shop

b. ms. word

c. adobe ash

d. corel draw

Jawaban : C

 

Demikian contoh soal dan jawaban PAS Teknik Animasi 2D & 3D Kelas 11 SMK Multimedia. Semoga bermanfaat.***

Editor: Sauqi Romdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x