Jenis-Jenis Kredit, Apa Saja? Wajib Tahu Sebelum Pinjam ke Bank, yuk Bijak Finansial

- 25 November 2023, 11:29 WIB
Cara mudah membuat kartu kredit Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI, Anda perlu membawa persyaratan kartu identitas, slip gaji, dan NPWP.
Cara mudah membuat kartu kredit Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI, Anda perlu membawa persyaratan kartu identitas, slip gaji, dan NPWP. /Pixabay

SUMENEP NEWS - Artikel ini membahas perihal jenis-jenis kredit. Untuk mengetahui jenis-jenis kredit, simak artikel hingga tuntas.

Kredit merupakan salah satu produk keuangan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari membeli rumah, kendaraan bermotor, hingga modal usaha.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit, penting untuk memahami jenis-jenis kredit yang tersedia beserta karakteristik dan kegunaannya masing-masing.

Baca Juga: Butuh Pinjaman Modal Usaha Langsung Cair? Lengkapi Syarat Pengajuan KUR BRI 2023 Usaha Mikro

1. Kredit Konsumtif

Kredit konsumtif adalah jenis kredit yang digunakan untuk membiayai kebutuhan konsumsi sehari-hari, seperti pembelian barang elektronik, furnitur, atau biaya liburan. Kredit konsumtif memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA): KTA adalah kredit yang tidak memerlukan jaminan atau agunan. Biasanya, KTA memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kredit yang menggunakan jaminan.

  • Kartu Kredit: Kartu kredit adalah alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara non-tunai. Pemegang kartu kredit dapat melakukan cicilan atas transaksi yang dilakukan dengan kartu tersebut.

  • Kredit Pemilikan Rumah (KPR): KPR adalah kredit yang digunakan untuk membiayai pembelian rumah atau properti lainnya. KPR biasanya memiliki jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis kredit konsumtif lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah