7 Peran Data Scientist untuk Mencegah Penipuan Bagi Perusahaan Jasa Keuangan

- 24 Oktober 2023, 08:17 WIB
peran seorang data scientist dalam mencegah penipuan sangat penting bagi perusahaan jasa keuangan yang harus diketahui
peran seorang data scientist dalam mencegah penipuan sangat penting bagi perusahaan jasa keuangan yang harus diketahui /Foto: PIXABAY/Geralt//

SUMENEP NEWS - Peran seorang data scientist dalam mencegah penipuan sangat penting bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan. Berikut beberapa hal yang dilakukan data scientist dalam berperan mengatasi penipuan:

1. Pengembangan Model Deteksi Penipuan: Data scientist membuat dan mengembangkan model analitik berupa algoritma yang dapat mendeteksi pola-pola asing dalam data transaksi. Data scientist menggunakan penggabungan teknik statistik dan machine learning untuk mengidentifikasi perilaku yang memiliki tanda-tanda mencurigakan.

2. Pemantauan Transaksi: Data scientist memantau transaksi secara real-time atau melalui analisis batch untuk mengidentifikasi anomali atau pergerakan yang berbeda dari biasanya. Data scientist mencari tanda-tanda hal tidak wajar seperti perubahan besar dalam pola transaksi atau aktivitas yang tidak seharusnya.

Baca Juga: 8 Cara Menyembuhkan Hoarding Disorder. Bahaya, Jangan Dibiarkan!

3. Analisis Data Besar: Data scientist bekerja dengan data besar yang mencakup berbagai sumber, termasuk data pelanggan, data transaksi, dan riwayat data lainnya. Dengan melakukan analisis data secara mendalam, data scientist dapat mengidentifikasi hubungan dan pola yang aneh.

4. Optimisasi Prosedur Keamanan: Data scientist membantu dalam mengoptimalkan prosedur keamanan perusahaan dengan memberikan wawasan berdasarkan analisis data. Data scientist juga dapat memberikan rekomendasi untuk memperbaiki sistem keamanan.

5. Kerjasama Tim Keamanan: Untuk mencegah penipuan, data scientist bekerja sama dengan tim keamanan, termasuk tim keamanan siber, untuk mengatasi ancaman penipuan. Data scientist membantu dalam analisis data untuk menyelidiki penipuan dan memberikan bukti untuk tindakan lebih lanjut.

Baca Juga: Suami Gaji UMR dan Pas-Pasan? 9 Tips Mengelola Keuangan Bagi Ibu Muda yang Ingin Bisa Menabung

6. Pengembangan Sistem Deteksi Dini: Data scientist dapat memberi dukungan dengan membangun sistem deteksi dini yang memungkinkan perusahaan mengatasi penipuan secepat mungkin, dan mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Halaman:

Editor: Ahmad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah