TikTok sebagai Ancaman Terhadap Bisnis Kecil: Apa yang Harus Dilakukan UMKM?

- 21 September 2023, 06:30 WIB
TikTok Shop jadi ancaman bagi pelaku usaha bisnis kecil atau UMKM, untuk bisa mengatasi hal tersebut maka bisa menerapkan strategi ini
TikTok Shop jadi ancaman bagi pelaku usaha bisnis kecil atau UMKM, untuk bisa mengatasi hal tersebut maka bisa menerapkan strategi ini ///Freepik/rawpixel.com//

SUMENEP NEWS - TikTok salah satu platform media sosial yang populer dengan lebih dari 2 miliar unduhan seluruh dunia.

Platform media sosial ini yang berbasis video pendek, telah meledak dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir. Namun, bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), popularitas TikTok bisa menjadi ancaman tersendiri dalam dunia bisnis.

Dalam artikel ini, akan membahas bagaimana TikTok bisa menjadi ancaman bagi bisnis kecil dan apa yang harus dilakukan UMKM untuk menghadapinya.

Baca Juga: 20 Alasan KUR BRI Diminati Masyarakat dan UMKM di Tahun 2023, Bukan Suku Bunga Kecil!

1. Persaingan dengan Tren Viral TikTok

Salah satu cara TikTok yang bisa menjadi ancaman adalah dengan menciptakan persaingan dengan tren viral yang sedang populer di platform tersebut. Banyak video di TikTok yang menjadi tren dengan cepat, dan bisnis kecil mungkin merasa terdorong untuk mengikuti tren-tren ini untuk tetap relevan. Namun, ini dapat memakan waktu dan sumber daya yang berharga, terutama jika tren tersebut tidak relevan dengan bisnis Anda.

Apa yang harus dilakukan?

UMKM perlu melakukan evaluasi yang cermat sebelum mengikuti tren TikTok. Mereka harus mempertimbangkan apakah tren tersebut sesuai dengan merek mereka dan apakah mengikuti tren tersebut akan membantu mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.

Halaman:

Editor: Sauqi Romdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah